WIFI ID PLG

WIFI ID PLG
Kota Palembang
Powered By Blogger

Kamis, 22 November 2012

Bangun Bisnis Tahu


Tahu ternyata tak hanya enak disantap sebagai lauk pendamping nasi. Makanan dari kedelai ini juga bisa dinikmati sebagai camilan ringan nan gurih dengan aneka citarasa pilihan. Kios Tofuku di Jalan Juanda No 31 menawarkan aneka makanan ringan berbahan tahu. Tiap sore kios ini selalu ramai disinggahi pelanggan yang ingin membeli tahu krispi buat keluarga di rumah. Kios Tofuku menjajakan aneka camilan tahu dengan beragam citarasa yang khas, seperti sambal balado, sapi panggang, ayam bakar, keju, jagung bakar dan barbeque. Aneka camilan tahu ini disajikan dalam bentuk krispi dengan irisan tipis-tipis lalu digoreng hingga kering.
Adapula disajikan dalam bentuk brintik yang sebelumnya tahu dihaluskan dengan cara diremas-remas lalu digoreng dalam bentuk tak beraturan. Sehingga penampilan tahu ini berbentuk keriting. Eva dan Eka, dua sahabat dekat ini, mengelola kios Tofuku ini sejak dua bulan silam.
Berawal dari browsing internet, kedua gadis belia ini memulai usaha waralaba dengan modal awal Rp 10 juta. “Di Kalimantan sendiri, usaha ini bisa dijumpai di Sampit dan Samarinda, pusatnya berada di Surabaya,” kata Eva.
Jadi, bumbu-bumbu aneka camilan tahu ini didatangkan langsung dari Surabaya. Tahu krispi atau brintik dengan citarasa sambal balado, sapi panggang dan ayam bakar termasuk paling diminati pembeli. Kebanyakan pengunjung membeli untuk dibawa pulang, jarang sekali makan di tempat. “Pembeli biasa memborong camilan tahu ini hingga empat porsi,” tuturnya lagi.
Aneka tahu ini ditawarkan Rp 6.000 per porsi. Rasanya yang gurih dan renyah cocok dinikmati bareng keluarga sembari menonton televisi. Tahu ini juga dilumuri tepung sebelum digoreng hingga kering. Bumbu-bumbu instan ditaburkan hingga meresap dalam adonan tahu yang sudah digoreng kering. Kios ini buka setiap hari, mulai pukul 16.00-22.00. Tak hanya camilan tahu, di sini pengunjung juga bisa mencoba menu makanan kecil berupa bawang bombay goreng tepung dengan beragam citarasa pilihan.
“Kami juga menyediakan menu camilan bawang bombay dan kentang goreng dengan bumbu-bumbu khas yang bercitarasa mantap, seperti halnya menu aneka masakan tahu tadi,” ujar Eva. Dalam sehari, Eva dan Eka bisa mengantongi penghasilan antara Rp 100 ribu-Rp 200 ribu. “Rata-rata pengunjung datang sekitar 30 orang tiap hari,” kata Eva.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar